preload

Tidak Sulit Meminta Maaf

MADING DIGITAL KRETAS:
                 
       Tulisan ini merupakan ungkapan pengalaman dari salah seorang  ibu namanya ibu Siti. “ Ibu Siti adalah pengguna kendaraan umum yang setia. Setiap pagi beliau pergi dan sore hari pulang dengan mengunakan kendaraan umum. Banyak suka dukanya naik kendaraan umum, terutama kalau pagi-pagi, biasanya kendaraan penuh oleh siswa-siswa SMP dan SMA. Ibu Siti mengalami beberapa kali kejadian yang cukup mengganjal dalam perasaan.
                Pada suatu  pagi, seperti biasa kendaraan yang ditumpangi ibu Siti dipenuhi oleh siswa SMP dan SMA, ibu Siti duduk di bangku yang ada di tengah, dan di belakang duduk anak-anak sekolah yang asyik berbicara dan Masya Allah, Bahasa yang keluar sungguh tidak mencerminkan bahasa-bahasa anak yang terdidik.
                Lebih parah lagi, ketika itu anak-anak yang duduk di belakang itu turun lebih dulu dari ibu Siti. Dengan tergesa-gesa mereka turun dan tanpa basa-basi atau permisi kala mereka mau turun, dan karena ketergesaan mereka, salah seorang dari mereka tangannya menyenggol kepala ibu Siti dan apa yang terjadi? Tidak ada ucapan maaf keluar dari anak tersebut alias “ cuek bebek “. Sepertinya dia tidak merasa bersalah. Ibu Siti geleng- geleng kepala . Siapa yang harus disalahkan?
                Untuk teman-temanku ungkapan ibu Siti diatas mudah-mudahan dapat menjadi cerminan bagi kita, dan mudah-mudahan kita tidak seperti itu.
                Biasakan kita itu ucapkan minta maaf kalau kita melakukan kesalahan sekecil apapun kesalahan tersebut. Seperti halnya jangan lupa mengucap terima kasih atas kebaikan orang sekecil apapun. 
Selamat mencoba teman!
  • 27 komentar:

  • kadang memberikan maaf yang paling sulit..

  • yuups, yea benar klo memaafkan lebih sulit dari pda membuat kesalahan...
    tetapi, tindakan tersebut tdk mencerminkan anak yg tdk berpendidikan... bagai mana pun, kita harus menghormati orang yg lebih tua dari kita....

    so.. terapkanlah rasa hormat dan menghormati pada orang lain.

    OK.....!!!!!!!!!

  • anak2 adegan ini bukan untu ditiru dari kepala SMAN 1 Lakbok Kabupaten Ciamis

  • @Anonym : Memang memaafkan itu lebih sulit daripada membuat kesalahan, saran anda sangat bagus, kita harus lebih menghormati orang yang lebih tua :)

  • @Kepala Sekolah SMAN 1 LAKBOK : Terima kasih bapak untuk bersedia mengkomen, memang benar pak, ini merupakan kisah nyata kehidupan sekarang yang membuktikan bahwa karakter pelajar sekarang terpengaruhi dengan hal-hal yang tidak baik. Hatur nuhun, bapak.:)

  • janganlah sekali-kali km mengucapkan kata2 yng tak pantas diucapkan kpd orang yng lbh tua dr kt.dan minta maaflah jk km berbuat salah.

  • Barat sering dikecam, seiring dengan itu kita memuja dan mengadopsi karakternya. Bukan karakter baiknya tapijustrukarakter Bobroknya. Individualistis telah terbangun dengan sempurna di negeri kita tercinta ini, sehingga apa saja yang kita lakukan merugikan atau menyakiti orang lain suatu yang "dianggap" lumrah asal bukan pada diri sendiri dan keluarga. mau di bawa ke mana Indonesia ini?

  • wah, kebas saja manusia kayak gitu. Pasti bukan anak sekolah. Atau anak sekolah yang nggak sekolah, maksudnya sekolah hanya buat jalan untuk dihargai orang lain, bukan untuk mencari ilmu.Pastilah mereka ini akan sesat jalan

  • itu adalah salah satu kejadian yang memalukan anak bangsa. tidak seharusnya mereka berbuat seperti itu kalau mereka punya iman dan etika dalam dirinya.

  • setiap manusia itu pasti tidak luput dari kesalahan, setiap harinya kita pasti berbuat banyak kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. jadi apa salahnya jika kita membiarkan lidah ini mengucap kata 'maaf'.

  • manusia itu kadang tidak pernah menyadari sikap yang dilakukan. semua itu dilakukan dengan spontan tapi kadang-kadang ke spontanan bersikap atau tidak kesengajaan itu membuat orang lain tersinggung dengan sikap kita. orang lain tidak pernah tau dan mengetahui apa yang ada di dalam pikiran kita. menurutnya sikap dia atau anak itu biasa saja dan merasa tidak ada yang tersinggung atau tersakiti. jadi dalam hal ini sepertinya ibu siti harus sabar dan seharusnya juga anak itu tidak tergesa-gesa dan lebih sopan di angkutan umum. baiknya juga bisa meminta maaf kepada ibu siti.

  • meninta maaf bukanlah suatu hal yang sangat merugikan tp menguntungkan karna dari meminta maaf dpat menjalin silaturahim n menjauhkan dari dosa.......,,,,sangat betuuuul,,,,,,,siiiiplachhhhhhhhh,,,,,,,,,,,,,,,janganlah susah mengucapakan kata maaf demi kebaikan,,,,,,,,,,,,

  • meminta maap merupakan perbuatan yang mulia,,
    it's very easy to do..for me he http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/5.gife,, yaa untuk sebagian orang yang mengertii..^^ tetapi memang masih saja ada orang yang sulit untuk melakukannya ?? hhmm.. kembali lagi kepada karakter masing2..yaa,, karakter,, sikap untuk memnta maap memang harus dibiasakan.. agar menjadi suatu kebiasaan yang baikk, , that's good article.. semoga menjadi bahan pembelajaran untuk semua.. ^^.. http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/3.gif

  • kalo perlu.. di kendaraan umum jangan terlalu banyak bicara yang gak penting, dan jangan juga di penting-pentingkan. karena selain mengganggu, mungkin saja ada salah satu penumpamg yang tersinggung oleh pembicaraan kita, ya seperti Bu Siti itu:)

  • oh ya.. lebih baik minta maaf terlambat dari pada TIDAK sama sekali..

  • memang kdang sulit untuk kita memaafkan kslahn org lain, apalgi jika kita mengingat kesalahn apa yg d perbuat oleh seseorang trhadap kita..namun apa salahnya jika kita mencoba untuk memaafkan keslahan seseorang itu dengan ikhlas..pasti hati kita akan lbihh tenang...

  • @Semunya : Alhamdulilah, terima kasih teman atas komentarnya, semoga menjadi motivasi bagi kita semua agar kita bisa membiasakan budaya hidup yang beretika dan mempunyai moral :)

  • macama a,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  • Memaafkan..
    Hanya sebuah kata yang sedikit tetapi mempunyai arti yang banyak..
    Saling maaf each other..

  • jangan siasisakan hidupmu yg ada.
    karna hidup hanya sekali,
    dan janganlah kamu siasiakan waktu yg ada karna waktu tidak dapat berputar kembali.
    maka pergunakanlah waktu dan hidupmu dengan sebaik-baiknya dan pergunakanlah unntuk hal-hal yang bermanfaat.......

  • Menjalani hidup emang sangat sulit,, kenapa ada derita,,bila bahagia tercipta,, kenapa ada sang hitam,, bila putih menyenangkan......

  • kadang meminta maaf itu sulit,,,,tp itu adlh jlan yg trbaek jk ingn menylsaikan mslah tnpa menimbulkan masalah lain. . .
    smoga kami bukn trmsuk orang yg sulit meminta maaf&memaafkan.

  • Orang cenderung untuk meminta maaf manakala dirinya merasa bersalah...kalao merasa bersalah saja tidak bagai mana akan meminta maaf!!!!

  • Artikel ini sangat menyentuh para orangtua yang peduli pendidikan putra-putrinya. Pembinaan akhlak, itulah kata kuncinya. Berikanlah contoh yang baik, kemudian bersabarlah. Insya Alloh mereka akan menilai dan mencatat dalam pikirannya. Mudah-mudahan suatu saat mereka akan berubah. Karena itulah proses pendidikan.

  • @Sunnas : Ya, memang betul satu kata maaf dapat menghasilkan seribu keharmonisan :)
    @SMAN 1 ;AKBOK : Terima kasih atas komentar, sungguh inspiratif :). Mari kita pergunakan waktu kita sebaik-baiknya.
    @Anonim : Amin, smoga kita bukan trmsuk orang yg sulit meminta maaf & memaafkan.
    @Chep sb: Meminta maaf merupakan hal yang abstrak, kita tidak tahu kapan, dimana, dan bagaimana kita membuat kesalahan, jadi tidak ada salahnya membudayakan kata maaf apabila kita melakukan kesalahan.
    @Bpk Sholeh : Terima kasih banyak bapak atas komentarnya. Memang betul apa yang dikatakan bapak. Mudah - mudahan kita semua dapat berubah menuju kebaikan.

  • itulah yang menjadikan bangsa kita bangsa yang lemah dan memiliki mental yang kecut, saat masih muda tidak dibiasakan melakukan hal yang sederhana yang memiliki makna besar sepertti meminta maaf, apalagi kepada orang tua yang lebih terhormat. jadi kita harus membiasakan diri melakukan hal yang dari yan kecil dahulu untuk membangun mental bangsa, karena kata guru saya "tidak akan ada hal besar tanpa diawali hal kecil"...

  • semoga bisa mempertahankan integritas sebagai seorang pemuda sampai kita sudah menjadi seorang pemimpin nanti.:D

Karakter Yang Cocok Bagi Pelajar Indonesia?