preload
                Tak dapat dipungkiri bahwa komunikasi dari zaman dahulu sampai sekarang mengalami perubahan yang sangat berarti. Dulu, era komunikasi yang tradisional masih terdapat unsur-unsur budaya/adat istiadat yang masih melekat didalam setiap individu. Tapi, kita lihat sekarang era komunikasi dan teknologi modern sudah tidak terlihat jarak da waktu lagi, sekarang kita bisa berkomunikasi kepada seluruh orang di dunia bahkan pada saat bersamaan.
                Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
                Akan tetapi betapapun kehebatan teknologi modern ini tetap tidak bisa mengungguli nilai komunkasi tatap muka, karena nilai esensial daripada psikologis dan keterlibatan emosilah yang bermakan lebih dalam komunikasi sekarang.
                Ada pepatah mengatakan,” Orang bijak selalu berhati-hati dalam perkataannya. Dan satu kata sudah cukup bagi orang bijak”. Makna yang dapat kita ambil dari pepatah ini adalah bahwa orang yang bijak selalu memikirkan dulu apa perkataan yan diucapkan karena apabila perkataan yang kita ucapkan salah maka akan menimbulkan sejuta masalah meski 1 kalimat saja. Dan orang bijak tidak perlu berkata panjang lebar apabila mengatakan sesuatu akan tetapi mengatakan apa yang diperlukan.
                Komunikasi yang efektif merupakan suatu kebutuhan umum harus dimiliki masyarakat. Di dalam keseharian kita, kita harus mampu dan bisa meciptakan komunikasi yang efektif.
                Berkaitan dengan komunikasi yang efektif, Bagaimana menurut opini anda tentang fasilitas short messaging service yang didalam penulisannya cenderung mengabaikan kaidah dari bahasa Indonesia yang baku?. Tentunya, sangat menghawatirkan sekali kita sebagai bangsa Indonesia tidak melestarikan budaya kita sendiri. Tapi saya yakin, hal ini dapat dirubah karena tidak selamanya manusia berada pada titik kesalahan akan tetapi harus menuju kepada perubahan yang membawa banyak manfaat.
                Dengan kemampuan komunikasi, kita dapat berinteraksi dengan baik dengan seluruh hal yang terdapat di dalam dunia ini. Kemampuan berkomunikasi tentunya berkaitan dengan kemampuan berbicara. Maka tidak heran apabila kia melihat bahwa orang yang selalu berkomunikasi dan berpendapat cenderung memiliki kemampuan Emotional Quetion yang tinggi. Kenapa ?, karena tanpa kita sadari, dengan banyak berbicara didalam konteks komunikasi yang baik dapat memacu kerja otak kita untuk dapat menyimpan memori yang baik dan respon yang baik.
                Kaitan antara Komunikasi Efektif dengan Karakter bangsa tentu sangat signifikan sekali. Komunikasi dapat menjadi pencerminan bagaimana watak dan sifat dari bangsa tersebut. Saya sebagai pemuda Indonesia bangga menjadi bangsa Indonesia, karena meskipun terdapat banyak suku dari Sabang  sampai Merauke, kita tetap menyatu di dalam perbedaan (Unity in Diversity). Karakter bangsa Indonesia di mata dunia sudah terbilang cukup baik karena kita sudah menunjukan bahwa inilah karakter  kita sebagai bangsa yang baik yang memiliki komunikasi yang  baik disertai sikap yang mulia.
               Maka, mulai sekarang marilah kita perbaiki komunikasi kita,baik dalam perkataan maupun perbuatan. Kita harus mempuyai tekad semangat yang kuat untuk memperbaiki karakter kita sebagai bangsa yang mulia. Kita harus bisa menunjukan inilah Indonesia yang memiliki kemampuan Komunikasi yang baik dan efekif.

Karakter Yang Cocok Bagi Pelajar Indonesia?