preload

Aku Tidak Takut Untuk Bilang Jujur!

MADING DIGITAL KRETAS:

Sebagai seorang muslim kita mesti tahu, Jujur dalam kehidupan kita merupakan suatu perintah  dari Allah dan Rasulnya.Karena jujur merupakan sikap terpuji dan disenangi Allah SWT.  Ayat Al-Quran yang menerangkan kejujuran diantara lain: QS. Ali Imran (3): 15-17, An Nisa' (4): 69, Al Maidah (5): 119. Rasulullah pun bersabda: "Wajib atas kalian untuk jujur, sebab jujur itu akan membawa kebaikan, dan kebaikan akan menunjukkan jalan ke surga, begitu pula seseorang senantiasa jujur dan memperhatikan kejujuran, sehingga akan termaktub di sisi Allah atas kejujurannya. Sebaliknya, janganlah berdusta, sebab dusta akan mengarah pada kejahatan, dan kejahatan akan membewa ke neraka, seseorang yang senantiasa berdusta, dan memperhatikan kedustaannya, sehingga tercatat di sisi Allah sebagai pendusta" (HR. Bukhari-Muslim dari Ibnu Mas'ud)
Masya Allah, begitu membaca perkataan itu, hati kita seperti terketuk dengan palu. Secara tidak langsung, Allah SWT itu pasti akan selalu mengawasi umatnya dan senantiasa memberikan hidayah agar kita selalu ada pada jalannya, Amin ( Semoga kita masuk ke dalamnya)
Kejujuran merupakan  kunci daripada keberkahan. Kalau kejujuran sudah hilang di tengah-tengah masyarakat, keberkahannya pun akan hilang pula. Dan, apabila keberkahan sudah hilang, kehidupan menjadi kering, hampa tanpa makna. Bisa kita bayangkan kembali, Berapakah kita berkata atau berperilaku jujur sekali dalam hidup kita? Sungguh pertanyaan yang sulit. Kita tidak bisa menjawabnya, karena perkataan, perilaku, sikap yang kita perbuat semuanya berasal dari kata hati kita, Adapun semuanya itu tergantung kondisi hati kita (keimanan)
Allah berfirman,
“Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenaran mereka.” (QS. al-Maidah: 119)
“Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. az-Zumar: 33)
“Sesungguhnya kejujuran membawa kepada kebajikan.”

Nabi bersabda, “Tinggalkan apa yang meragukanmu kepada yang tidak meragukanmu, sesungguhnya kejujuran, (mendatangkan) ketenangan dan kebohongan, (mendatangkan) keraguan.”

Memang adakalanya kita tidak perlu takut untuk menjadi orang yang jujur . Walaupun mengandung resiko tidak kecil karena banyak dari perkataan yang jujur, bisa menimbulkan seribu fitnah Sama halnya ketika kita bersikap jujur . Karena ketidakjujuran pada saat dan keadaan yang tepat pun dapat bermanfaat dan menjadi penyelamat .

Sedangkan kejujuran pada saat dan keadaan yang salah tak jarang justru membawa bencana dan petaka . Jadi mulai dari sekarang, marilah kita bersikap jujur, karena dengan jujur, karakter kita sebagai insan yang mulia dapat tercermin dengan sesuatu yang gembira, gembira bak permata, permata yang menjadi surga.



  • 7 komentar:

  • Blog and cukup menarik untuk disimak, memang di dalam kehidupan jujur merupakan suatu hal yang sudah lazim untuk dikatakan, matilah kita sebagai manusia apabila tidak mempunyai sikap yang jujur dalam kita, terima kasih.

  • saya setuju.. jujur adalah sesuatu yang mungkin untuk sebagian masyarakat sangat sulit untuk dilakukan , se'andainya kejujuran didunia ini lebih di tingkatkan , tidak akan ada koruptor,penjahat dan sekalipun bagi para pelajar, kebiasaan pelajar adalah MENCONTEK (termasuk saya) tapi saya sudah berusaha untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut , dan allhamdulilah , saya sudah tidak suka dan sangat benci untuk mencontek ,, budayakan Kebiasaan indonesia untuk jujur ,, :k4

  • Artikel yang sangat bermanfaat!! Memang kita harus jujur dalam segala hal, sekali kita berbohong, maka kebohongan-kebohongan lain akan terus kita lakukan. dan kita akan terkurung di dalamnya. Kalau sudah terbiasa dengan kebohongan, maka bohong menjadi budaya. Naudzubillah himindalik.

  • @Semuanya : Alhamdulilah, mari kita semua mulai dari detik ini kita harus bisa berpeilaku dan berkata jujur :)

  • Terima kasih artikelnya, tanya nih, bagaimana kalau karena kejujuran kita, membuat orang lain sakit hati?

  • @Nisa : ada kalanya bertindak jujur juga bisa membuat hati orang lain menjadi berubah perasaannya, akan tetapi kenapa kita harus takut untuk bersikap atau mengatakan yang sejujurnya? Semua itu kembali ke dalam prinsip kita bagaimana dan dalam kondisi yang bagaimana kita harus bersikap jujur.

  • lalu bagaimana dengan kata "berbohong demi kebaikan" apakah patut untuk dibenarkan? saya rasa kata-kata itu sering di gunakan orang" sebagai senjata jitu untuk berbohong hehe

Karakter Yang Cocok Bagi Pelajar Indonesia?